Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Gejala Bipolar - Segera Konsultasikan ke Dokter

Bipolar disorder adalah gangguan yang menyerang seseorang yang menyebabkan kondisi mentalnya menjadi tidak stabil. Hal ini ditandai dengan perubahan emosi yang ekstrim secara mendadak.

Seorang yang mengidap bipolar dapat memiliki emosi yang labil dan berubah-ubah tanpa bisa diduga. Ia kadang bisa menjadi sangat sedih ketika sedang galau atau terlihat sangat hiper dan bahagia ketika sedang senang.

Penderita bipolar akan sering merasa tertekan dan depresi dalam waktu yang tidak tentu. Hal ini tentu akan merugikan dirinya baik dari segi hubungan sosial, keluarga, maupun karir.

Pengertian Dan Gejala Bipolar
Pengertian Dan Gejala Bipolar


Gejala Bipolar Disorder 

Seperti yang sudah disinggung di atas sebelumnya, orang yang mengidap bipolar cenderung memiliki emosi yang tidak stabil. Moodnya mudah berubah secara drastis dan bahkan secara ekstrim.
Beberapa gejala berikut bisa terlihat sangat jelas bagi seseorang yang mengidap bipolar.

1. Gejala Periode Mania

Gejala ini muncul para periode bahagia atau ketika seorang dengan bipolar disorder merasa senang.
Beberapa gejala yang bisa diamati antara lain :

  • Cenderung mudah tersinggung dan sensitif
  • Sering terjadi mereka mengalami kurang tidur dan makan lebih banyak
  • Memiliki perasaan sangat bersemangat dan bahagia
  • Sering berbicara dengan intonasi yang cepat
  • Sering tidak fokus dan mengubah-ubah topik pembicaraan
  • Mengaku sering mendengar hal-hal yang aneh atau misterius
  • Dalam kondisi tertentu bisa terlihat suka tertawa atau tersenyum sendiri

2. Gejala Periode Depresi 

  • Sering terlihat murung
  • Sering menangis tersedu-sedu
  • Menjadi sangat sensitif dan penuh curiga
  • Kehilangan nafsu makan

Faktor Penyebab Bipolar Disorder 

HIngga sampai saat ini, para ilmuwan dan dokter masih berbeda pendapat mengenai penyebab utama dari gangguan bipolar. Mereka hanya sepakat bahwa fenomena tersebut termasuk kategori psikis.

Namun para dokter dan ilmuwan memiliki beberapa pendapat mengenai faktor penyebab gangguan bipolar :

1. Faktor Genetik 

Ada beberapa penelitian yang cukup mengejutkan terkait bipolar disorder dan kondisi genetik. Apabila salah satu dari orang tua ternyata juga mengidap hal ini, maka anak-anaknya memiliki persentase 15% hingga 30% untuk mengidapnya.

Namun jika kedua orang tuanya ternyata adalah pengidap bipolar disorder, maka resiko pewarisannya bisa mencapai angka 50% hingga 70%. Meski begitu perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

2. Kondisi Otak 

Beberapa pakar menyebutkan kondisi otak juga memberikan pengaruh seseoran bisa menjadi pengidap bipolar disorder atau tidak.

Mereka yang mengalami bipolar, menurut beberapa sumber, memiliki proporsi cairan kimia otak yang tidak seimbang. Hal inilah yang ditengarai membuat mereka mengalami perubahan emosi yang drastis dalam waktu singkat.

3. Pengaruh Lingkungan

Di lain pihak, adapula yang menganggap bahwa faktor lingkungan juga memberikan pengaruh pada seseorang yang untuk mengalami gangguan bipolar.

Stress tinggi, bullying hingga diskriminasi ditengarai bisa menyebabkan seseorang menderita secara psikis dan memicu munculnya gangguan bipolar.

Demikianlah artikel Lazy Tekno kali ini tentang gangguan bipolar. Semoga tulisan ini dapat berguna bagi pembaca sekalian. Jika ada diantara Anda yang ingin berbagi, silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Gejala Bipolar - Segera Konsultasikan ke Dokter"