Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Perkembangbiakan Pada Hewan

Seperti manusia dan tumbuhan, hewan juga memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Ada banyak jenis perkembangbiakan pada binatang, antara lain secara bertelur, beranak, bertelur-beranak hingga membelah diri.


jenis-jenis perkembangbiakan hewan
Perkembangbiakan hewan


Berkembangbiak merupakan kemampuan makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati. Selain itu, dengan adanya proses perkembangbiakan, maka spesies tersebut bisa terjaga kelestariannya.

Dengan kata lain tujuan dari berkembang biak adalah untuk melestarikan keturunannya. Hal ini penting agar spesies tersebut tidak mengalami kepunahan.

Hewan, sebagai makhluk hidup, juga berkembang biak. Bahkan ada banyak macam perkembangbiakan hewan yang menarik untuk di bahas.

Secara garis besar, perkembangbiakan hewan dibagi ke dalam dua golongan, yakni mereka yang berkembang biak dengan cara generatif ataupun vegetatif.

Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan hewan secara generatif adalah kemampuan binatang untuk berkembangbiak dengan melalui proses pembuahan.Proses pembuahan terjadi ketika sel kelamin betina (sel telur) bertemu dengan sel kelamin jantan (spermatozoid). Hasil pembuahan atau ferilasi ini disebut zigot. 

Nantinya zigot akan tumbuh menjadi embrio lalu kemudian menjadi spesies baru yang sama dengan induknya.
Perkembangbiakan secara generatif pada hewan dibagi menjadi tiga macam, yaitu

Ovipar

Ovipar, yakni hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Contoh dari hewan ovipar adalah : ayam, bebek, burung, penyu, cicak, dll.


Penyu berkembang biak secara bertelur
Penyu berkembang biak secara bertelur


Vivipar

Vivipar, yakni hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara beranak. Hewan-hewan ini pada umumnya memiliki kelenjar susu dan si betina akan mengalami masa kehamilan dengan waktu tertentu.

Contoh hewan yang termasuk vivipar adalah : kuda, banteng, orang utan, musang, tapir, kukang, anjing, dll.

Kucing berkembangbiak secara beranak
Kucing berkembangbiak secara beranak

Ovovivipar

Ovovivipar, yakni binatang yang berkembang biak secara bertelur dan beranak. Fertilasi terjadi di tubuh betina dan menghasilkan sel telur yang sudah matang. Di dalam sel telur itu terdapat zigot yang kemudian tumbuh menjadi embrio. Telur ini tidak dikeluarkan oleh induknya namun tetap disimpan di dalam tubuh si betina.

Setelah waktunya tiba, induknya akan mengeluarkan anak-anaknya. Kadang masih ada yang terbungkus cangkang. Beberapa hewan yang berkembang biak secara ovovivipar antara lain adalah : beberapa jenis ular dan ikan.


ular berkembangbiak dengan ovovivipar
Beberapa jenis ular berkembang biak dengan ovovivipar

Perkembangbiakan Vegetatif

Selain secara generatif atau kawin, ada juga hewan yang berkembang biak secara vegetatif atau tak kawin. Berikut adalah beberapa contoh perkembangbiakan hewan secara vegetatif :

Membelah diri, yakni ketika satu induk kemudian membelah diri menjadi dua. Hewan yang melakukan ini contohnya adalah amuba.


Amuba membelah diri
Amuba berkembangbiak secara membelah diri

Bertunas, yakni ketika salah satu bagian tubuh dari induk kemudian mengeluarkan tunas. Ketika waktunya tiba, tunas ini melepaskan diri dari tubuh sang induk dan menjadi individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah hydra.


gambar Hydra berkembangbiak dengan cara bertunas
Hydra berkembangbiak secara bertunas

Fragmentasi, yakni ketika sang induk sengaja memotong bagian tubuhnya sendiri menjadi beberapa bagian. Potongan itu kemudian tumbuh menjadi individu baru. Contoh dari hewan yang melakukan ini adalah cacing pipih dan cacing planaria.


Gambar Cacing planaria berkembangbiak dengan cara fragmentasi
Planaria berkembangbiak secara fragmentasi

Konklusi 

Ada banyak jenis perkembangbiakan binatang. Masing-masing melestarikan keturunannya agar tidak mengalami kepunahan.

  • Mamalia berkembangbiak dengan cara beranak.
  • Bangsa unggas dan sebagian besar ikan serta amfibi berkembangbiak dengan cara bertelur.
  • Beberapa ikan dan ular berkembangbiak dengan cara bertelur-beranak.
  • Hydra berkembangbiak dengan cara bertunas.
  • Planaria berkembangbiak dengan cara fragmentasi.
  • Amuba berkembangbiak dengan cara membelah diri.


Demikianlah artikel tentang macam-macam perkembangbiakan hewan, baik secara generatif maupun vegetatif. Jika tertarik bisa juga membaca cara bergerak hewan yang diantaranya membahas hewan paling cepat, paling lambat hingga paling aneh.

Semoga tulisan sederhana ini dapat menambah wawasan Anda. Baca terus postingan menarik lainnya dari Lazy Tekno.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Perkembangbiakan Pada Hewan"