Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Filum Protozoa dan Ciri Khasnya

Definisi dan Ciri Filum Protozoa

Filum protozoa terdiri dari hewan-hewan bersel tunggal. Dibanding dari sel tunggal hewan besar multiselular, mereka mempunyai struktur yang lebih majemuk walaupun hanya terdiri dari satu sel.

Walaupun bersifat aselular alias hewan bersel satu, protozoa merupakan organisme sempurna. Ukuran protozoa memang sangat kecil dan hanya bisa diamati dengan jelas menggunakan alat bantu, seperti mikroskop.

Protozoa sendiri terdiri dari kata proto yang artinya awal, tua atau pertama dan zoa atau zoon yang artinya hewan. Orang-orang berpendapat bahwa protozoa merupakan salah satu hewan paling awal yang ada di bumi.

Dimana protozoa tinggal? Hewan ini bisa ditemukan di dalam air tawar, air laut, tanah yang lembab, atau yang menakjubkan, di dalam tubuh hewan lainnya.


Filum Protozoa - lazytekno.blogspot.com
Filum Protozoa

Kelas Dalam Filum Protozoa

Sebagai sebuah filum, protozoa sendiri terbagi 5 kelas, yakni : Mastigophora (Flagellata), Sarcodina (Rhizopoda), Sporozoa, Ciliata (Infusoria) dan Suctoria.

Kelas Mastigophora (Flagellata)

Hewan anggota filum protozoa yang termasuk kelas mastigophora memiliki ciri khusus yang sangat kentara, yakni mereka mempunyai satu atau lebih bulu cambuk (flagela). Contoh anggota kelas ini antara lain :

1. Euglena

Euglena unik karena ia berklorofil sehingga terlihat berwarna hijau. Euglena adalah anggota flagellata yang tinggal di kolam atau sungai dan membuatnya terlihat berwarna hijau.

2. Volvox

Volvox adalah mastigophora yang berwarna hijau dan hidup mengapung di permukaan air. Hewan ini berbentuk bola yang berongga dan rongga itu ternyata berisi bubur cair.

3. Tripanosoma

Hewan ini bersifat parasit dan hidup di dalam plasma darah binatang vertebrata. Pada manusia, hewan ini menyebabkan penyakit tripanosomiasis atau penyakit tidur.

Kelas Sarcodina (Rhizopoda)

Para anggota kelas ini sangat menarik untuk dikaji. Hewan yang termasuk Sarcodina atau Rhizopoda memiliki bentuk tubuh yang berubah-ubah atau dikenal dengan nama amoeboid. Mereka juga memiliki kaki semu yang digunakan untuk bergerak dan meraih makanan.

Beberapa hewan dari kelas Rhizopoda cukup terkenal karena bentuk dan latar belakang mereka. 2 yang paling populer adalah :

1. Amoeba

Hewan ini sangat kecil dan memiliki banyak hal unik. Pertama-tama adalah cara amoeba bergerak, dimana ia memanfaatkan pseudopodia atau mengeluarkan cairan untuk dikentalkan lagi sehingga seolah-olah dijulurkan dan ditarik.

Amoeba adalah hewan yang berkembang biak secara membelah diri. Maka ketika menjadi parasit, ia cukup merepotkan. Amobe dikenal menyebabkan penyakit disentri. Untuk itu selalu usahakan menjaga kebersihan senantiasa.

2. Foraminifera

Kebanyakan foraminifera hidup di dasar laut atau menetap pada tumbuhan tertentu. Besarnya sekitar 0.01 mm hingga 190 mm. Bentuknya bermacam-macam, seperti bulat, tabung dan spiral.

Ada berbagai macam cara perkebangbiakan hewan yang unik, salah satunya foraminifera yang bereproduksi dengan cara membelah diri dan pembentukan gamet.

Kelas Spirozoa

Hewan protozoa dari kelas sporozoa juga sering mendapat perhatian para ahli, khsususnya yang berkecimpung di bidang bakteria, patogenik, kedokteran dan farmasi. Ini karena banyak anggota hewan kelas ini yang ternyata hidup di dalam tubuh makhluk lain, termasuk manusia.

1. Plasmodium

Plasmodium berparasit di dalam sel darah merah. Sungguh sangat berbahaya. Ukurannya sekitar 5 mikrofon. Siklus hidupnya majemuk, ada reproduksi seksual maupun aseksual. Hewan inilah penyebab penyakit malaria dan menular melalui nyamuk Anopheles.

2. Babesia 

Hewan babesia adalah penyebab dari penyakit demam Texas. Protozoa ini disebarkan oleh caplak kreas. Di Indonesia, Boophilus microplus menyebarkan babesiasis pada sapi.

Kelas Ciliata (Infusoria)

Jika para anggota Flagelata punya bulu cambuk, maka hewan dari kelas Ciliata memiliki rambut getar yang sangat penting fungsinya, khususnya alat bantu gerak dan mencari makan. Contoh anggota kelas ini adalah :

1. Paramaecium

Hewan paramaecium memiliki bentuk tubuh seperti sandal (canela). Di tengah-tengah tubuh terdapat makronukelus. Hewan ini juga punya anus yang berfungsi membuang sisa makanan keluar tubuh. Cara makanannya adalah secara holozoik.

2. Balantidium

Hewan ini, Balantidium, cukup terkenal dan menjadi sumber penyakit diare atau mencret bagi manusia. Penyebab utamanya adalah B. coli.

Kelas Suctoria

Ada perdebatan mengenai penggolongan kelas ini. Beberapa hewan dari golongan ini sewaktu muda memiliki cilia, sehingga masuk kelas ciliata. Tetapi ketika dewasa, mereka menjadi hidup mandiri dan mempunyai tentakel yang berguna untuk menempelkan diri mereka ke hewan lain.

1. Pedophrya

Ini adalah hewan dari kelas Suctoria yang hidup mandiri di perairan air tawar. Makanan hewan ini berupa ciliata yang kecil. Pedophrya menggunakan tentakelnya untuk mendapatkan mangsanya.

2. Suctoria Parasit

Ada cukup banyak suctoria yang ternyata bersifat parasit. Beberapa diantaranya adalah Spharophrya, Trichophrya dan Allontosoma.

Demikianlah penjelasan mengenai definisi dari filum protozoa dan lima kelas yang termasuk di dalamnya, yakni Mastigophora, Rhizopoda, Sporozoa, Ciliata dan Suctoria.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Filum Protozoa dan Ciri Khasnya "