Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Dewa Utama Yunani Kuno

Mitologi Yunani selalu menarik untuk dibahas. Di sana terdapat banyak obyek penyembahan yang sebenarnya hanyalah wujud ketakutan manusia akan fenomena alam. 

Semakin lama, obyek penyembahan yang disebut dewa itu semakin ditinggalkan karena manusia sadar mereka hanyalah omong kosong, imajinasi, khayalan serta tidak benar-benar ada. 

dewa dewa yunani kuno | lazytekno
Dewa-dewa Yunani

Zeus misalnya adalah produk ketakutan nenek moyang kita pada petir. Sedangkan Poseidon adalah wujud kekaguman pada laut dan samudera.

Satu hal yang membuat mitologi Yunani menarik karena di dalamnya terdapat banyak kisah-kisah spektakuler yang saling berkaitan, dengan bumbu-bumbu percintaan, perselingkuhan dan perang. Ini adalah bukti bahwa manusia begitu kreatif dalam menciptakan tuhan-tuhan untuk disembah dan dipuja. 

Dari sekian banyak dewa di Yunani Kuno, beberapa memiliki peranan penting. Setidaknya ada 12 yang patut disebut. Berikut ulasannya untuk Anda semua. 

Zeus

Zeus adalah rajanya para Dewa. Bertahta di Olimpus tetapi suka turun ke bumi dan menghamili banyak wanita cantik. Kisah biadabnya adalah bukti bahwa manusia tetaplah mahkluk yang suka hal-hal kotor, bahkan dewa paling tinggi saja tetap digambarkan sebagai sosok yang takluk pada nafsu. 

Padahal istri sah Zeus adalah dewi bernama Hera yang juga adiknya sendiri. Inilah bukti bahwa dalam imajinasi menciptakan sosok tuhan, manusia juga memasukkan cerita-cerita yang sangat duniawi. 
Namun siapa sangka jika rajanya para dewa ini sebenarnya berasal dari keluarga amburadul yang pernah akan dibunuh oleh Kronos, bapaknya sendiri. Kronos takut Zeus akan menggantikan tempatnya sebagai penguasa. 

Berdasarkan ketakutan aneh itu, maka dia mengambil sebuah keputusan gila, memakan anak-anaknya sendiri. 

Zeus selamat karena ditolong ibunya. Ia dikirim ke sebuah pulau terpencil dan di sana dirinya menempa kekuatan untuk balas dendam. Ketika dewasa, dibantu oleh teman-temannya, Zeus menyerang Kronos dan para Titan lainnya. Ia juga berhasil mengembalikan saudara-saudaranya yang semasa kecil dimangsa bapaknya. 

Setelah Kronos mati, Zeus muncul sebagai penguasa baru dan rajanya para dewa. Senjata utamanya adalah petir. 

Poseidon

Poseidon adalah dewa penguasa samudera raya. Ia berkuasa atas lautan dan semua aspek kehidupan di dalamnya. Oleh para pedagang dan pelaut jaman dahulu, makhluk yang jelas-jelas hanyalah fiksi dan hayalan ini menikmati semua pemujaan hebat. Tentu saja semua itu tidak ada gunanya. 

Poseidon ditipu habis-habisan oleh Zeus. Dirinya hanya dibiarkan berkuasa di lautan, sementara Zeus bertahta di Olimpus.

Senjata utama Poseidon adalah sebuah trisula sakti yang mampu menghancurkan musuh dengan mudah. Hewan kesayangannya adalah lumba-lumba. 

Hades

Hades adalah dewa penguasa alam baka. Kreatifitas manusia Yunani Kuno sungguh harus diapresiasi karena mampu menciptakan tuhan dan alam baka padahal tentu saja belum pernah ada yang ke sana dan kembali ke dunia untuk menceritakan isinya. 

Karangan tentang Hades dan dunia bawah ala Yunani Kuno sungguh mengerikan, namun seru untuk diikuti. Ini jugalah yang membuat mitologi Yunani terus hidup, walaupun hanya sedikit manusia modern yang masih saja percaya pada keberadaan makhluk-makhluk imajiner tersebut. 

Setelah Poseidon dipaksa berdiam di lautan, maka Hades disingkarkan ke alam orang mati oleh Zeus. Inilah bukti bagaimana taktik Zeus dalam menjadi penguasa tunggal. 

Ares

Ares adalah dewa perang orang-orang Yunani Kuno. Dia memiliki hewan kesukaan berupa anjing. Dua pengawal setianya adalah Deimos dan Phobos. Arti dari keduanya dalam Bahasa Indonesia adalah teror dan ketakutan. Dia sering digambarkan sebagai seorang pria muda dengan baju zirah dan tombak emas. 

Hera

Hera adalah dewi pelindung pernikahan tetapi konyolnya dia tak mampu melindungi harkat dan martabat rumah tangganya sendiri. Mana mungkin mampu melindungi keutuhan rumah tangga penyembahnya jika suaminya saja doyan selingkuh?

Karena sakit hati yang teramat pedih, ia jadi pendendam. Ia sering berkonfrontasi dengan Herkules yang adalah anak tirinya hasil hubungan serong Zeus dan seorang wanita manusia. 

Aphrodite 

Aphrodite adalah dewi kecantikan. Tidak ada wanita yang lebih cantik dari Aphrodite di semesta ini. Banyak dewa dan manusia jatuh cinta padanya. Padahal tentu saja dia hanyalah karangan belaka.
Aphrodite sering digambarkan punya banyak kekasih pria. Mungkin sekali dia adalah gambaran dari praktik poliandri di masa lalu.

Tetapi dikisahkan ternyata dibelakang Hefaistos, Aphrodite sering bercinta dengan Ares diam-diam. Sebagai insinyur para dewa yang menciptakan alat-alat canggih, Hefaistos menjebak keduanya dengan jala yang tak terlihat.

Ketika Ares dan Aphrodite bermain cinta di kamar, mereka terjebak dalam jaring ajaib hasil ciptaan Hefaistos. 

Kemudian Hefaistos lalu memangil para dewa lainnya untuk mempermalukan mereka berdua. Mungkin inilah awal mula penggrebekan yang biasa dilakukan warga kampung pada para pasangan selingkuh. 

Artemis

Artemis adalah dewi kesuburan, pertanian dan perdagangan. Dia punya banyak payudara yang menyimbolkan kekuataannya sebenarnya. Banyak kota-kota di Turki, Yunani dan daerah-daerah sekitarnya yang memiliki patung Artemis raksasa. Padahal tentu saja itu tidak ada manfaatnya sama sekali. 

Apolo

Apolo adalah anak dari Zeus dengan Leto. Jadi, ia merupakan saudara kembar Artemis. Apolo adalah dewa kebijaksanaan, kecerdasan, musik dan ramalan. Dia merupakan pelindung para peramal kuno. Dalam berbagai perang, dikisahkan Apolo juga turun tangan untuk membela mereka yang menyembahnya. 

Athena

Athena adalah dewi kebijaksanaan, pengetahuan dan seni. Dia digambarkan punya hewan peliharaan elang. Athena bersenjatakan tombak atau pedang dengan sebuah perisai tangan. 
Ia sering juga disebut Palla Athena karena merupakan anak dari Titan Pallas. Dia juga adalah dewi yang bertanggung jawab mengubah medusa jadi monster. 

Hermes

Hermes adalah dewa pembawa pesan. Mungkin sejenis kurir. Hermes digambarkan sebagai pria muda dengan sandal bersayap dan topi imut mirip kurcaci. 
Dalam kronik Troya Hermes dikisahkan membantu Priam untuk bertemu Achiles dan membujuk ksatria bengis Yunani itu agar mau mengembalikan mayat anaknya, Hector. 

Demeter

Mirip dengan Artemis, Demeter adalah dewi yang bertanggung jawab atas kesuburan dan padang belantara. Dia punya penyembah garis keras. Oleh orang Romawi, Demeter disebut Ceres. 

Hestia

Dewi yang sangat penting. Dia merupakan anak tertua Rhea dan Kronos. Dewi Hestia adala dewi pelindung rumah dan perapian. Orang Yunani Kuno melakukan pemborosa dengan menuangkan dua cangkir anggur untuk dipersembahkan pada Hestia sebelum melakukan jamuan makan. 

Ituah 12 dewa dewi Yunani Kuno yang walau punya kekuatan luar biasa tetapi masih lekat dengan keduaniawian. 

Sumber : Dewa-dewa Yunani Kuno (Catatanadi.com)

Lazytekno 

Posting Komentar untuk "12 Dewa Utama Yunani Kuno"